Hakekat Kebijakan Sosial/ Kesejahteraan Sosial.


Analisis kebijakan kesejahteraan sosial hasus menekankan pada suatu kenyataan bahwa area kebijakan berbeda-beda dengan sejumlah kepentingan. Oleh karena itu analisis ini menggunakan lebih dari satu teori. Analisis kebijakan adalah seni dan keahlian yang membutuhkan kreativitas dan keterampilan-keterampilan teknis. Analisis kebijakan yang baik harus menyertakan informasi/data kuantitatif dan kualitatif, pendekatan masalah dari berbagai perspektif dan penggunaan metode-metode yang tepat untuk menguji kemungkinan-kemungkinan kebijakan yang diusulkan.

Sistem kesejahteraan sosial terdiri dari upaya-upaya yang terorganisir dan tersusun lebih dahulu untuk menyediakan kesejahteraan masyarakat. Dalam bentuk yang sederhana Segal dan Brzuzy (1998) menyatakan bahwa sistem kesejahteraan sosial dapat dikonseptualisasikan sebagai empat bagian yang saling berhubungan, yaitu : Isu-isu atau masalah sosial, Tujuan-tujuan kebijakan, Legislasi/regulasi, dan Program kesejahteraan sosial.

Kebijakan kesejahteraan sosial itu sendiri adalah respon yang terorganisir atau kurang respon terhadap suatu isu atau masalah sosial. Jadi kebijakan kesejahteraan sosial dapat merupakan seluruh upaya untuk menghapus suatu masalah sosial atau suatu pilihan untuk mengabaikan suatu masalah sosial.

Kebijakan sosial dapat dalam bentuk legislasi atau regulasi yang kemudian diuraikan dalam bentuk program-program dan kegiatan-kegiatan yang lebih nyata. Disinilah analisis kebijakan memiliki peran penting dalam merumuskan, memperbaiki/ menyempurnakan, dan mengembangkan kebijakan yang akan diimplementasikan dalam bentuk program dan kegiatan untuk memecahkan masalah sosial. Analisis kebijakan menjamin upaya pemecahan masalah dilakukan dengan tepat dan mencapai sasaran yang tepat pula. Oleh karena itu analisis kebijakan sosial memegang peranan penting dalam sistem perencanaan pembangunan kesejahteraan sosial.

 

Iklan

2 pemikiran pada “Hakekat Kebijakan Sosial/ Kesejahteraan Sosial.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s